Monday, February 28, 2011

1

CARA MEMBUAT KALKULATOR PADA VB 6.0


Kali ini ane akan menjelaskan membuat sebuah kalkulator sederhana menggunakan visual basic 6.0. disini kita akan membuat tampilan kalkulator sebagai berikut :


Pada gambar di atas merupakan tampilan atau desain dari kalkulator yang akan dibuat pada program visual basic 6.0. dan pada tampilan diatas masih berupa desain jadi belum bisa dioperasikan sebagai kalkulator. Nah sekarang bagaimana cara membuat desain dan cara mengoperasikan tampilan diatas menjadi sebuah kalkulator, proses membuatnya mudah kuq, jadi ikutin aja yah langkah-langkah dibawah ini :
  • Langkah pertama untuk membuat sebuah tampilan kalkulator buatlah beberapa frame yaitu dengan cara memilih icon frame lalu di drag pada form, jika kita ingin mengganti nama frame yaitu pada caption di properties nama frame dapat diganti sesuai yang kita inginkan.


Pada tampilan diatas merupakan sebuah frame. Jadi kita dapat membuat frame-frame yang dibutuhkan dengan cara yang sama.
  • Lalu jika frame telah dibuat maka buatlah Label, Text box, dan command button yang akan dimasukkan kedalam frame. gunakanlah icon Textbox untuk membuat kolom untuk mengisikan data yang ingin kita input, lalu gunakanlah icon Command button yang digunakan sebagi tombol perintah yang berfungsi untuk mencetak data yang telah diinput sebelumnya, dan juga gunakan icon label.  
  • Cara memasukkan icon-icon tersebut kita harus mengklik icon seperti textbox, command button dan label lalu kita dapat memasukkan icon tersebut ke dalam frame dengan cara mengklik pada bagian dalam frame.

Pada tampilan diatas merupakan tampilan sebuah frame yang berisi  label, textbox dan command button.
  • Setelah semua tampilan kalkulator pada form yang berisikan frame, command button, label, dan textbox maka masukkanlah coding program pada icon-icon tersebut untuk menjalankan sebuah program kalkulator tersebut.

CODING-CODING PROGRAM PADA KALKULATOR


Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text3.Text = ""
Ini merupakan coding program yang dimasukkan pada command button RESET yang digunakan untuk mereset nilai yang telah diinput  maka pada text1, text2, dan text3 akan mereset semua nilai yang telah diinput pada saat kita mengklik command button tersebut.
 

end
coding tersebut dimasukan pada command button KELUAR yang digunakkan untuk menghentikan program atau keluar dari program tersebut.


Text3.Text = Val(Text1.Text) + Val(Text2.Text)
Coding diatas dimasukkan pada command button Tambah, yang artinya pada saat kita menginput nilai di text1 dan text2 maka nilai yang diinputkan tadi pada nilai text1 akan ditambah nilai pada text2 karena pada coding program tersebut terdapat operator ( +) dan hasil dari penjumlahan tersebut akan tampil pada text3.


Text3.Text = Val(Text1.Text) - Val(Text2.Text)
Coding diatas dimasukkan pada command button Kurang, yang artinya pada saat kita menginput nilai di text1 dan text2 maka nilai yang diinputkan tadi pada nilai text1 akan dikurangkan nilai pada text2 karena pada coding program tersebut terdapat operator ( - ) dan hasil dari penjumlahan tersebut akan tampil pada text3.

 
Text3.Text = Val(Text1.Text) * Val(Text2.Text)
Coding diatas dimasukkan pada command button Kali, yang artinya pada saat kita menginput nilai di text1 dan text2 maka nilai yang diinputkan tadi pada nilai text1 akan dikalikan nilai pada text2 karena pada coding program tersebut terdapat operator ( * ) dan hasil dari penjumlahan tersebut akan tampil pada text3.


Text3.Text = Val(Text1.Text) / Val(Text2.Text)
Coding diatas dimasukkan pada command button bagi, yang artinya pada saat kita menginput nilai di text1 dan text2 maka nilai yang diinputkan tadi pada nilai text1 akan dibagi nilai pada text2 karena pada coding program tersebut terdapat operator ( / ) dan hasil dari penjumlahan tersebut akan tampil pada text3. 
  • Setelah semua koding dimasukkan  pada command button maka program dapat dijalankan dengan cara menekan tombol F5 (run) !!!!!!
MAKA PROGRAM KALKULATOR DAPAT BERJALAN DAN AKAN MENGHASILKAN OUTPUT SEBAGAI BERIKUT :


Ini merupakan hasil dari operator pertamabahan yaitu 50 + 50 = 100, ini membuktikan bahwa program pada kalkulator berjalan dan dapat dioperasikan dengan benar.

SELAMAT MENCOBA !! :D

1 comment:

  1. sama kayak materiku kemarin,
    kalo cara bikin kalkulator yang sistem tekan tombol gimana ya?

    ReplyDelete