Monday, March 28, 2011

0

SEJARAH INTERNET (INTERNET HISTORY)

Posted in
Meskipun sejarah Internet dapat dikatakan dimulai pada abad ke-19 dengan penemuan yang telegraf sistem, sejarah modern dari Internet dimulai pada 1950-an dan 1960-an dengan perkembangan komputer . Hal ini dimulai dengan -to-point titik komunikasi antara komputer mainframe dan terminal , diperluas untuk-to-point koneksi point antara komputer dan kemudian awal penelitian packet switching . Packet switched jaringan seperti ARPANET , Mark I di NPL di Inggris , CYCLADES , Merit Network , Tymnet , dan Telenet , yang dikembangkan pada akhir 1960-an dan awal 1970-an menggunakan berbagai protokol. ARPANET memimpin khusus pada pengembangan protokol untuk internetworking , di mana beberapa jaringan yang terpisah bisa bergabung bersama-sama ke dalam jaringan dari jaringan.
Pada tahun 1982 Internet Protocol Suite (TCP / IP) adalah standar dan konsep-lebar jaringan dunia sepenuhnya saling berhubungan TCP / IP yang disebut jaringan internet diperkenalkan. Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981 ketika National Science Foundation (NSF) mengembangkan Ilmu Komputer Network (CSNET) dan lagi pada 1986 ketika NSFNET menyediakan akses ke superkomputer situs di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan. The ARPANET was decommissioned in 1990. ARPANET telah dinonaktifkan pada tahun 1990. Komersial penyedia layanan internet (ISP) mulai muncul pada akhir 1980-an dan 1990-an dan internet itu dikomersialkan pada tahun 1995 saat NSFNET adalah didekomisioning, menghilangkan pembatasan terakhir pada penggunaan Internet untuk membawa lalu lintas komersial.
Sejak pertengahan 1990-an Internet berdampak drastis pada budaya dan perdagangan, termasuk bangkitnya komunikasi instan dekat surat elektronik , forum diskusi berbasis teks, dan World Wide Web. Dan edukasi komunitas peneliti terus menggunakan jaringan canggih seperti NSF sangat high speed Backbone Network Service (vBNS) dan Internet2 . Peningkatan jumlah data yang ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi dan lebih tinggi melalui jaringan fiber optic beroperasi pada 1-Gbps, 10-Gbps, atau lebih. Internet terus berkembang, didorong oleh semakin jumlah yang lebih besar dari informasi online dan pengetahuan, oleh perdagangan dan hiburan, dan oleh jaringan sosial .

TIGA TERMINAL DAN ARPA

Pada 1950-an dan awal 1960-an, sebelum jaringan luas antar-yang mengarah ke Internet, jaringan komunikasi yang paling terbatas dalam bahwa mereka hanya diperbolehkan komunikasi antara stasiun pada jaringan. Beberapa jaringan telah gateway atau jembatan antara mereka, namun jembatan ini sering terbatas atau dibangun khusus untuk penggunaan tunggal. Salah satu metode yang umum jaringan komputer didasarkan pada pusat mainframe metode, cukup memungkinkan terminal harus terhubung melalui panjang leased line . Metode ini digunakan pada tahun 1950 oleh RAND Proyek untuk mendukung peneliti seperti Herbert Simon , di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania , ketika berkolaborasi di seluruh benua dengan peneliti di Sullivan, Illinois , pada membuktikan teorema otomatis dan kecerdasan buatan .
Seorang perintis mendasar dalam panggilan untuk jaringan global, JCR Licklider , mengartikulasikan ide-ide dalam makalah nya Januari 1960, Man-Komputer Simbiosis . Sebuah jaringan [komputer] seperti, terhubung ke satu sama lain dengan lebar-band jalur komunikasi [yang disediakan] fungsi perpustakaan saat ini bersama-sama dengan kemajuan diantisipasi dalam penyimpanan informasi dan pengambilan dan [lainnya] fungsi simbiosis.
Pada bulan Agustus, 1962, Licklider dan Welden Clark menerbitkan makalah "On-Line Man Computer Communication", salah satu deskripsi pertama jaringan masa depan. Pada bulan Oktober, 1962, Licklider dipekerjakan oleh Jack Ruina sebagai Direktur mendirikan yang baru Teknik Informasi Pengolahan Kantor (IPTO) dalam DARPA , dengan mandat untuk saling behubungan Amerika Serikat Departemen Pertahanan 's komputer utama di Gunung Cheyenne, Pentagon, dan SAC HQ. Di sana ia membentuk kelompok informal dalam DARPA untuk penelitian komputer lebih lanjut. Dia mulai dengan menulis memo menggambarkan jaringan didistribusikan kepada staf IPTO, yang ia sebut "Anggota dan Afiliasi dari intergalaksi Jaringan KomputerSebagai bagian dari informasi kantor pengolahan peran, tiga terminal jaringan telah dipasang: satu untuk Sistem Development Corporation di Santa Monica , satu untuk Proyek Genie di University of California, Berkeley dan satu untuk Time-Sharing System Kompatibel proyek di Massachusetts Institute Teknologi (MIT). perlu Licklider's diidentifikasi untuk antar-jaringan akan dibuat jelas oleh limbah jelas sumber daya ini disebabkan. Untuk setiap dari tiga terminal, aku punya tiga set perintah pengguna yang berbeda Jadi kalau saya berbicara online dengan seseorang di SDC dan. Aku ingin berbicara dengan seseorang aku tahu di Berkeley atau MIT tentang ini, saya harus bangun dari SDC terminal, pergi ke dan login ke terminal lain dan berhubungan dengan mereka.

TCP/IP

Dengan begitu banyak metode jaringan yang berbeda, ada sesuatu yang dibutuhkan untuk menyatukan mereka. Robert E. Kahn dari DARPA dan ARPANET direkrut Vinton Cerf dari Stanford University untuk bekerja dengan dia pada masalah. Pada 1973, mereka segera bekerja di luar reformulasi mendasar, di mana perbedaan antara protokol jaringan yang tersembunyi dengan menggunakan umum protokol internetwork , dan bukan pada jaringan bertanggung jawab untuk keandalan, seperti dalam ARPANET, tuan rumah menjadi bertanggung jawab. Cerf kredit Hubert Zimmerman , Gerard LeLann dan Louis Pouzin (perancang CYCLADES jaringan) dengan pekerjaan penting pada desain ini.
Spesifikasi dari protokol yang dihasilkan, RFC 675 - Spesifikasi Internet Transmission Control Program, oleh Vinton Cerf, Yogen Dalal dan Carl Sunshine, Network Working Group, Desember 1974, berisi penggunaan dibuktikan pertama dari istilah internet, sebagai singkatan untuk internetworking ; RFC kemudian ulangi menggunakan ini, sehingga kata mulai keluar sebagai kata sifat bukan kata benda seperti sekarang ini.
Dengan peran jaringan dikurangi menjadi minimal, menjadi mungkin untuk bergabung dengan hampir semua jaringan bersama-sama, tidak peduli apa ciri-ciri mereka, dengan demikian memecahkan masalah awal Kahn. DARPA setuju untuk mendanai pengembangan perangkat lunak prototipe, dan setelah beberapa tahun kerja, demonstrasi agak kasar pertama dari pintu gerbang antara Radio paket jaringan di daerah Teluk SF dan ARPANET dilakukan. Pada 22 November 1977  demonstrasi jaringan ketiga dilaksanakan termasuk ARPANET, Packet Radio Network dan Atlantik paket Satelit jaringan-semua disponsori oleh DARPA. Berasal dari spesifikasi TCP pertama pada tahun 1974, TCP / IP muncul di akhir 1978 pertengahan dalam bentuk final hampir. Pada 1981, standar asosiasi tersebut diterbitkan sebagai RFC 791, 792 dan 793 dan diadopsi untuk digunakan. DARPA disponsori atau mendorong pengembangan TCP / IP untuk implementasi sistem operasi dan kemudian dijadwalkan migrasi dari semua host pada semua jaringan paket ke TCP / IP. Pada tanggal 1 Januari 1983, yang dikenal sebagai hari bendera , TCP / IP protokol menjadi protokol disetujui hanya pada ARPANET, menggantikan sebelumnya protokol NCP.

GOPHER

Sebagai Internet tumbuh melalui 1980-an dan awal 1990-an, banyak orang menyadari meningkatnya kebutuhan untuk dapat mencari dan mengatur file dan informasi. Proyek seperti Gopher , WAIS , dan daftar FTP Arsip mencoba untuk menciptakan cara untuk mengatur data terdistribusi. Sayangnya, proyek-proyek jatuh pendek mampu mengakomodasi semua jenis data yang ada dan mampu tumbuh tanpa hambatan.
Salah satu yang paling menjanjikan antarmuka pengguna paradigma selama periode ini adalah hypertext . Teknologi ini telah terinspirasi oleh Vannevar Bush 's dan dikembangkan melalui Ted Nelson 'penelitian tentang Proyek Xanadu dan Douglas Engelbart penelitian 'pada NLS. Banyak kecil berisi hypertext sistem-diri telah dibuat sebelum , seperti Apple Computer HyperCard (1987Sementara Gopher item menu adalah contoh hypertext, mereka tidak umum dirasakan dengan cara itu.





Ini Komputer NeXT digunakan oleh Sir Tim Berners-Lee di CERN dan menjadi dunia pertama server Web.


Pada tahun 1989, saat bekerja di CERN , Tim Berners-Lee menciptakan sebuah implementasi jaringan berbasis konsep hypertext. Dengan melepaskan penemuan untuk keperluan umum, ia memastikan teknologi akan menjadi luas. Untuk karyanya dalam mengembangkan World Wide Web, Berners-Lee menerima hadiah teknologi Millennium pada tahun 2004. Salah satu web browser populer awal, model setelah HyperCard , adalah ViolaWWW .
Sebuah titik balik potensial untuk World Wide Web dimulai dengan pendahuluan  dari web browser Mosaic  pada tahun 1993, browser grafis yang dikembangkan oleh sebuah tim di National Center for Supercomputing Applications di University of Illinois di Urbana-Champaign (NCSA-UIUC), dipimpin oleh Marc Andreessen . Pendanaan untuk Mosaic berasal dari High-Performance Computing dan Komunikasi Initiative, sebuah program pendanaan yang diprakarsai oleh High Performance Computing dan Komunikasi UU tahun 1991 juga dikenal sebagai Bill Gore .  Memang grafis antarmuka's Mosaic segera menjadi lebih populer daripada Gopher, yang pada waktu itu terutama berbasis teks, dan WWW menjadi antarmuka yang lebih disukai untuk mengakses Internet. Referensi Gore dengan perannya dalam "menciptakan Internet", bagaimanapun, diejek dalam kampanye pemilihan presiden artikelnya. Lihat penuh Al Gore dan teknologi informasi.
Mosaik akhirnya digantikan pada tahun 1994 oleh Andreessen's Netscape Navigator , yang menggantikan Mosaic sebagai dunia yang paling populer di browser. Sementara itu diadakan ini judul untuk beberapa waktu, akhirnya persaingan dari Internet Explorer dan berbagai browser lain hampir sepenuhnya pengungsi itu. Ini adalah "Konferensi publik pertama menyatukan semua industri utama, pemerintah dan pemimpin akademis di bidang [dan] juga memulai dialog nasional tentang Jalan Raya Informasi dan implikasinya.
satu hari online event-terbesar" (8 Februari 1996) sampai dengan tanggal tersebut, terjadi pada website aktif kemudian, cyber24.com. Hal ini dipimpin oleh fotografer Rick Smolan . Sebuah pameran fotografi ini diresmikan pada Smithsonian Institution 's Museum Nasional Sejarah Amerika pada tanggal 23 Januari 1997, menampilkan 70 foto dari proyek tersebut.

SUMBER : http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_the_Internet

 



 

0 komentar: